BERDISIPLIN, BERKARYA DAN BERPRESTASI

Meningkatnya jumlah mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi di IAKN Manado yang saat ini berjumlah 137 orang, tentu memerlukan perhatian yang lebih demi pengelolaan dan pemanfaatan bantuan pemerintah secara bertanggung jawab. Oleh karena itu, pada hari Jumat sampai dengan hari Minggu (12-14/10) IAKN Manado melaksanakan Pembinaan Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi Tahun 2018, yang berlangsung di Alamanda Lokon Resort – Tomohon.

Selaku ketua panitia yang sekaligus juga Wakil 3 Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama F. B. Arthur Gerung, M.Th melaporkan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan “pencerahan” bagi semua mahasiswa agar bisa memahami prosedur penggunaan bantuan studi, khususnya beasiswa Bidikmisi. Kemudian Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd dalam kesempatannya untuk membuka kegiatan ini memberikan beberapa nasehat yang antara lain ialah: “mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi harus terus menerus berprestasi.” Menurut beliau “penerima bantuan studi seperti ini harus bersyukur dengan perhatian pemerintah dan harus selalu berusaha, karena adanya berbagai bantuan atau fasilitas yang disediakan saat ini dimaksudkan untuk mempermudah setiap mahasiswa dalam menuntut ilmu dan bukan untuk memanjakan mahasiswa.”

Adapun rangkaian materi dalam kegiatan ini meliputi: Kepemimpinan yang dibawakan oleh Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd; Success Skill, dibawakan oleh F. B. Arthur Gerung, M.Th; Implementasi Pelaksanaan Tugas dan Fungsi pada IAKN Manado dibawakan oleh Ventje A. Politon, M.Pd (Kepala Biro IAKN Manado); Entrepreneurship dibawakan oleh A. Relly Poluan, M.Th (Dosen IAKN Manado); Pengelolaan dan Pertanggung Jawaban Bantuan Beasiswa Bidikmisi dibawakan oleh Heince O. Wongkaren, SE (Kasubag Keuangan IAKN Manado); SIAKAD bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa Bidikmisi oleh Drs. Paultje P. Tampa, M.Si (Wakil 1 Bid. Akademik IAKN Manado); Kiat-kiat Meneliti dan Menulis Karya Ilmiah dibawakan oleh Rahman Mantu dari Institut Agama Islam Negeri Manado. Selain itu terdapat juga berbagai kegiatan lainnya seperti: ibadah, rekreasi, olahraga dan keakraban.

F. B. Arthur Gerung, M.Th ketika menutup kegiatan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak mulai dari pimpinan, panitia dan semua peserta yang telah turut serta dalam mensukseskan kegiatan ini. Kemudian beliau juga menyimpulkan bahwa sebagian besar manfaat yang diperoleh dalam rangka pembinaan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi adalah berfokus pada pembentukan kemampuan yang diistilahkan dengan soft skill. Dalam hal ini, soft skill dimaksudkan untuk membentuk kemampuan atau ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (Inter-Personal Skills) dan ketrampilan dalam mengatur dirinya sendiri (Intra-Personal Skills), yang mencakup kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan sebagainya. Maka beliau pun memberikan satu pesan penting yakni: “tregedi terbesar dalam hidup manusia bukanlah kematian, melainkan ketika manusia tidak mempunyai tujuan hidup.” JJL

X