Bencana gempa, tsunami dan likuifaksi yang menimpa Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) khususnya daerah Palu, Sigi dan Donggala meninggalkan duka bagi bangsa Indonesia. IAKN Manado sebagai perguruan tinggi keagamaan melihat dari sisi kebutuhan sosial akan pentingnya kepedulian dan rasa sepenanggungan terhadap para korban bencana 28 September 2018. Maka melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang diketuai oleh Yanice Janis, M.Si.Teol berbagai aksi pun dilaksanakan untuk menggalang dana, hingga aksi turun lapangan sebagai bentuk kepedulian bagi mereka yang butuh solidaritas.
Jumat (02/11) Pukul 19.40 Tim Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) berdoa bersama untuk mengawali perjalanan dari kampus IAKN Manado menuju kota Palu – Sulawesi Tengah. Setelah menempuh perjalanan darat dengan bus kampus, tim PPM tiba di kota Palu pada pukul 01.00 Minggu subuh (04/11). Minggu pagi pukul 09.00 tim PPM IAKN Manado beribadah di Gereja Protestan Indonesia Donggala (GPID) Jemaat “Manunggal” Palu, yang bertepatan dengan hari ulang tahun dan pengucapan syukur jemaat. Kemudian pimpinan sinode GPID mengajak tim PPM IAKN Manado untuk mengunjungi kantor Sinode GPID. Penyerahan bantuan sosial yang pertama berlangsung di halaman kantor Sinode GPID dan diterima langsung oleh Pdt. Yenni Sangkalia, S.Th., M.Si sebagai Wakil Sekretaris Sinode. Selanjutnya penyerahan bantuan sosial yang kedua berlangsung di kantor Majelis Daerah (MD) Gereja Pantekosta di Indonesia (GPDI) Sulawesi Tengah yang diterima langsung oleh Pdt. Markus Sigalingging sebagai Sekretaris MD.
Mewakili Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th.,M.Pd para pejabat yang turut serta dalam Pengabdian Pada Masyarakat kali ini ialah: Christie G. Mewengkang, SE., M.Pd (Ketua Senat IAKN Manado); Deflita Lumi, S.PAK., M.Pd (Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen); Drs. Paultje Tampa, M.Si (Ketua Lembaga Penjaminan Mutu); Deyvi Tumundo, M.Th (Kasubag Tata Usaha Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat); Mercy Waney, S.Th., M.PAK (Plt. Kepala Pusat Kerjasama Dalam dan Luar Negeri); Febry Manoppo, M.Pd.K (Plt. Kepala Pusat Pengabdian dan Pengembangan Masyarakat). Kemudian beberapa pegawai di lingkungan IAKN Manado serta perwakilan mahasiswa.
Dalam kesempatan ini Tim Pengabdian Pada Masyarakat IAKN Manado meninjau langsung beberapa lokasi bencana di kota Palu antara lain Kompleks Pantai Taman Ria, Jembatan Kuning (Ponulele), Kelurahan Petobo dan Balaroa serta hotel Roa Roa. JJL

X