IAKN Manado melaksanakan Upacara dalam rangka HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Direktur Pendidikan Agama Kristen, Pontus Sitorus, S.PAK, M.Si menjadi pembina upacara di lingkungan IAKN Manado sekaligus membacakan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam Rangka HUT Ke-74 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan penggalan kutipan sebagai berikut: “Lembaga pendidikan dan lembaga pelatihan harus kita dukung untuk melakukan pembenahan secara besar-besaran agar mampu menghadapi perubahan. Persaingan dunia yang semakin ketat dan disrupsi di berbagai bidang, membutuhkan kualitas SDM yang tepat. Kita butuh SDM yang berbudi pekerti luhur dan berkarakter kuat. Kita butuh SDM yang menguasai ketrampilan dan menguasai ilmu pengetahuan masa kini dan masa depan. Pendidikan harus berakar pada budaya bangsa memperjuangkan kepentingan nasional dan tanggap terhadap perubahan dunia. Keluarga dan lembaga pendidikan menempati peran sentral dalam pendidikan anak-anak kita. Budi pekerti sopan santun toleransi dan kedisiplinan termasuk kebiasaan mengantri dengan sabar dan teratur harus kita tanamkan sejak dini. Biasa mandiri percaya diri gotong royong dan saling peduli harus kuat ditanamkan dalam pendidikan dasar kita. Mencari sumber belajar sendiri, berpikir kritis, dan tidak mudah terhasut problem solving harus sudah tertanam kuat pada pendidikan menengah kita. Ketrampilan vokasional yang akan dibutuhkan pasar the emerging skills harus sudah dilatihkan sejak pendidikan menengah ini. Untuk tingkat pendidikan tinggi kita harus berani mencanangkan target tinggi. bahwa SDM lulusan pendidikan tinggi kita harus kompetitif di tingkat regional dan global. Pertama, SDM kita harus kompetitif dalam karakter yaitu pekerja keras jujur kolaboratif solutif dan enterpreneurship. Kedua, SDM kita harus kompetitif dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang menguasai the emerging skills yang mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif dan membangun the emerging business.”

Dalam kesempatan ini dilaksanakan juga Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada PNS yang telah bekerja dengan penuh kesetiaan kepada pancasila, Undang-Undang Dasar Negera Republik Indonesia Tahun 1945, negara dan pemerintah, serta dengan penuh pengabdian, kejujuran, kecakapan dan disiplin secara terus menerus paling singkat sepuluh tahun, dua puluh tahun atau tiga puluh tahun.

Sebagai penyelenggara pendidikan tinggi, IAKN Manado mengemban tugas dan tanggung jawab yang besar dalam memajukan kualitas Sumber Daya Manusia. Maka dengan semangat nasionalisme yang didorong oleh keinginan untuk memiliki daya saing global IAKN Manado telah, sementara dan akan terus berupaya mewujudkan tema yang diusung yakni ‘SDM Unggul Indonesia Maju’.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA

#upacarahutke-74republikindonesia #pendidikantinggi #kementerianagama #iaknmanado

X