Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen (Ditjen Bimas Kristen) Kementerian Agama RI mengadakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang dihadiri oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI se-Indonesia yang terdiri dari:

1. Seluruh pejabat pusat DBK (Eselon 1, 2, 3 dan 4)
2. Seluruh Rektor PTKKN
3. Ketua STAKN
4. Para Kepala Biro pada PTKKN
5. Kakanwil Papua dan Papua Barat
6. Para Kabid/Pembimas seluruh Indonesia
7. Para Kasi/penyelenggara seluruh Indonesia

Rakernas yang mengambil tema “Revitalisasi Peran Ditjen Bimas Kristen Untuk Indonesia Maju” dilaksanakan dari tanggal 25 hingga 29 Februari 2020 di Hotel Alana, Yogyakarta. Direktur Jenderal Bimas Kristen, Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si melaporkan bahwa Rakernas tahun 2020 diadakan selama lima hari dengan materi dan pembahasan yang dipadatkan guna efisiensi kegiatan di jajaran Direktorat Bimas Kristen. Rakernas kali ini memiliki tujuan:

  1. Mengevaluasi program tahun 2019;
  2. Memperkuat dan Mempertajam strategi untuk program Ditjen Bimas Kristen btahun 2020;
  3. Merumuskan dan menentukan program prioritas Ditjen Bimas Kristen secara nasional tahun 2021;
  4. Membahas isu-isu aktual yang saat ini berkembang di daerah dan menjadi tugas dari Ditjen Bimas Kristen.

Wakil Menteri Agama Drs. H. Zainut Tauhid Sa’adi, M.Si yang membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa inovasi di era teknologi saat ini mutlak untuk dilaksanakan oleh pemerintah. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan publik yang prima, seperti halnya e-Governance sebagai salah satu bentuk reformasi birokrasi yang menjadi program pemerintah di bidang tata layanan publik saat ini.

Selain Wakil Menteri Agama, Rakernas ini menghadirkan juga para narasumber berkompeten yakni Prof. Dr. Welly Toisuta, Yudi Latif, Ph.D, Wakil Ketua Komisi 8 DPR RI Dr. Tb. H. Ace Hasan Syadzily, M.Si, Karo Perencanaan Kemenag, Karo Ortala Kemenag, Ditjen Anggaran dan dari Bappenas.

Hadir juga dalam Rakernas dari IAKN Manado ialah Rektor Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd, Karo AUAK Ventje A. Politon, M.Pd, Kabag Administrasi Umum dan Keuangan pada Biro AUAK Heince O. Wongkaren, SE, Kabag Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama pada Biro AUAK Daniel B. Worotitjan, SE, Kabag Tata Usaha Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen Maxi H. Sendow, SH, Kabag Tata Usaha Fakultas Teologi Max B. Tumbel, SE.Ak., M.AP, Kabag Tata Usaha Fakultas Seni dan Ilmu Sosial Keagamaan Efert Y. Dodolang, M.Th.

X