Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) sebagai Pandemi yang mencapai berbagai wilayah di Indonesia, termasuk di Sulawesi Utara mengharuskan para pemimpin lembaga mengambil kebijakan yang tepat. Demikian halnya dengan IAKN Manado yang dinahkodai oleh Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd. Mengarungi perkembangan zaman pasca modern yang pada tahun 2020 ini mendapat ancaman dengan adanya COVID-19 tidak menyurutkan maklumat IAKN Manado yakni Profesional, Religius, Integritas, Visioner dan Moderat yang disingkat PRIMA.

Zaman pasca modern yang di dalamnya tercakup revolusi industri 4.0 pada satu sisi memberikan manfaat yang sangat besar ketika masyarakat global diperhadapkan dengan Social Distancing ataupun Physical Distancing. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi seperti kuliah online dan video conference menjadi alternatif bagi IAKN Manado untuk tetap mewujudkan maklumatnya yang PRIMA.

Dalam hal kebijakan akademik, IAKN Manado menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh/daring (online) melalui, Google Classroom, E-mail, Whatsapp, Zoom dan berbagai media online lainnya dengan tetap memperhatikan standar akademik yang berlaku. Demikian juga untuk penerimaan mahasiswa baru disediakan jalur pendaftaran secara online sehingga para calon mahasiswa bisa melakukan pendaftaran tanpa adanya kontak fisik dengan panitia penerimaan mahasiswa baru. Sedangkan dalam hal kebijakan non akademik para tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan diwajibkan berkerja dari rumah dan membuat laporan kerja harian dengan mengisi formulir yang telah dibuat sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE-4 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020.

Adapun penyelenggaraan ibadah sebagai bagian dari peningkatan nilai religius tetap dilaksanakan secara live streaming atau dengan siaran langsung memanfaatkan fasilitas internet.

Rektor IAKN Manado Dr. Jeane M. Tulung, S.Th., M.Pd menghimbau agar semua Pegawai Negeri Sipil, Dosen Tetap Non PNS, Dosen Luar Biasa, Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) hingga para mahasiswa untuk tetap menjaga kesehatan terutama mencegah COVID-19 dan tidak lupa juga untuk saling mendoakan sehingga IAKN Manado, bangsa Indonesia bahkan seluruh dunia segera bebas dari virus corona.

 

X