Menaggapi pergumulan global dengan adanya Covid-19, IAKN Manado berupaya untuk tetap menyelenggarakan pendidikan sambil memperhatikan dan mematuhi aturan yang berlaku. Himbauan pemerintah untuk tidak melakukan kontak fisik atau menjaga jarak dengan orang lain (physical distancing), membuat pimpinan IAKN Manado mencari alternatif dengan memanfaatkan kuliah online agar penyelenggaraan pendidikan tetap berlangsung.

Ujian skripsi secara online menjadi sejarah baru bagi lembaga pendidikan ini, bahkan bisa menjadi contoh bagi perguruan tinggi yang lain bahwa tantangan wabah virus corona membuka peluang untuk memanfaatkan perkembangan teknologi.

Fasilitas yang disediakan dalam era disruptif seperti video conference menjadi pilihan bagi Fakultas Ilmu Pendidikan Kristen untuk melakukan presentasi, mengemukakan tanggapan dan memberikan jawaban selama proses ujian skripsi berlangsung (14-15/04/20.

Jarak yang jauh menjadi dekat, ruang yang terpisah menjadi satu, menandakan bahwa teknologi telah membawa dampak positif bagi dunia pendidikan. Karena itu, pengembangan sumber daya menusia harus terus diupayakan agar beriringan dengan perkembangan teknologi. “Jangan jadikan iman sebagai penghalang bagi kemajuan teknologi, tapi jadikan iman sebagai pencegah kehancuran karena teknologi.”

X