Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen  Negeri (PTKKN) di Sulawesi Utara kembali menggelar kerjasama melalui penand atanganan Memorandum of Understanding (MoU) secara virtual bersama Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara, Senin (01/02/2021).


Kepala Dinas Kesehatan Daerah Provinsi Sulawesi Utara (Prov. Sulut), dr. Debie K. R. Kalalo, M.Sc.PH dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kepada IAKN Manado karena sudah menjalin kerjasama dengan (Dinas Kesehatan Daerah Prov. Sulut).

“Terima kasih telah menjalin Kerjasama dengan kami” ujar Kadis Kesehatan Prov. Sulut.

Ditambahkannya, dalam menghadapi pandemi covid-19 perlu didukung oleh akademisi dan para cendekiawan muda untuk bersama memberdayakan serta mengedukasi masyarakat supaya masyarakat sadar kesehatan. Selain itu, kerjasama ini juga dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat.

“Dalam menghadapi pandemi covid perlu akademisi bersama sama memberdayakan mengedukasi masyarakat agar masyarakat semakin sehat. Meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat”, ujar dr. Debie Kalalo.

Kadis berharap dengan adanya kerjasama ini, tidak hanya sekedar tanda tangan melainkan ada tindak lanjut dalam meningkatkan mutu kesehatan kepada masyarakat dan bagaimana masyarakat pun sadar akan menjaga sehat.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur karena boleh bertatap muka meski melalui virtual. Disampaikan Rektor, hari ini ada dua agenda besar bersama Dinkes Prov. Sulut yakni penandatanganan MoU dan pembekalan mahasiswa KKNT IAKN Manado tahun 2021 dengan tema “Kampus Merdeka Covid-19”. Diketahui, yang mengikuti KKNT IAKN Manado tahun 2021 sejumlah 346 Mahasiswa.

Rektor juga berterima kasih kepada Dinkes Prov. Sulut yang sudah merespon dan menyambut baik pelaksanaan MoU dengan IAKN Manado. Menurutnya, penandatanganan MoU bagi IAKN Manado merupakan bagian dari peningkatan mutu dan kualitas Program Studi (Prodi) dan Perguruan Tinggi (PT).

Ditambahkan Rektor, meski secara disiplin ilmu mahasiswa IAKN Manado bukan di bidang kesehatan diharapkan dapat membantu pemerintah dalam mengatasi berbagai persoalan yang terjadi di masyarakat. Selain mahasiswa mengimplementasikan ilmu selama kuliah tetapi juga melalui KKN ini mahasiswa diarahkan untuk mampu dan peka melihat masalah dan situasi di masyarakat. Selain itu, mahasiswa dapat memberikan solusi dan mampu memanfaatkan pembekalan ini.

Diakhir sambutannya, Rektor menyampaikan lagi terima kasihnya kepada dr. Debby Kalalo (Kadis Kesehatan Daerah Prov. Sulut) bersama jajarannya karena telah merespon penandatanganan kerjasama. Selain itu, Rektor juga menyampaikan kerinduannya untuk dapat bertatap muka secara langsung serta menindaklanjuti kerjasama dengan Dinkes Daerah Prov. Sulut.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Dr. Heldy Rogahang, M.Th (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan), Dr. Olivia Wuwung, ST., M.Pd (Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Dr. Arthur Gerung, M.Th (Dekan Fakultas Teologi), Margarith Loho, M.Th (Kepala Pusat Pengabdian kepada Masyarakat), Nancy Polak, M.Pd (Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), Deystrina Supit, ST., M.SIP (Kasubag TU Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) dan Grace Birahim (Kepala Pusat Agama dan Budaya).

Penulis: DOP
Editor: DOP
Sumber Foto: JN
Sumber: MBC IAKN Manado

X