Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Sulawesi Utara yang berada dalam naungan Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI) sukses menggelar Wisuda Daring program Doktor, Magister dan Sarjana tahun 2020, Kamis (17/12/20) di Aula IAKN Manado.

       

Dalam Sidang Terbuka Senat IAKN Manado kali ini wisudawan berjumlah 218 orang yang terdiri dari 4 orang Doktor dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 16 Orang Magister dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 13 Orang Magister dari Program Studi Teologi; 113 Orang Sarjana dari Program Studi Pendidikan Agama Kristen; 3 orang Sarjana dari Program Studi Pendidikan Musik Gereja; 60 Orang Sarjana dari Program Studi Teologi dan 9 orang Sarjana Program Studi Pastoral dan konseling.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya mengucapkan banyak selamat kepada para wisudawan yang boleh menyelesaikan studi di IAKN Manado. Ditambahkannya, meski harus mengikuti wisuda melalui daring di tengah gejolak pandemi covid-19 yang menuntut kita untuk menerapkan protokol kesehatan patutlah kita menaikan pujian syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena pelaksanaan wisuda daring ini boleh berjalan dengan baik.

Suasana haru terlihat di mata yang berkaca-kaca ketika Rektor menyampaikan kerinduannya untuk boleh saling bertatap muka bersama di akhir perjuangan para wisudawan di IAKN Manado namun karena keterbatasan yang ada dan kondisi yang tidak memungkinkan pelaksanaan wisuda tahun 2020 harus dilaksanakan secara daring demi mengikuti aturan pemerintah dalam hal penerapan protokol kesehatan dan untuk kebaikan bersama. Rektor juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua dari wisudawan yang telah menjadi bagian dari IAKN Manado dan berharap dapat berjumpa lagi.

Di akhir sambutannya, sambil menahan tangis haru bahagia Rektor menutupnya dengan Firman Tuhan yang terdapat dalam Kitab Yeremia 29:11 “Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
“Kiranya Firman Tuhan ini dapat menguatkan dan membimbing kita dalam berkarya sebagai cendekiawan Kristiani berperadaban Indonesia” ucap Rektor.

Suatu kehormatan ketika Sidang Senat Terbuka Wisuda Daring IAKN Manado Tahun 2020, diikuti oleh Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si (Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI) yang sekaligus memberikan sambutan dan ucapan selamat kepada IAKN Manado yang sudah menggelar tahapan akhir dalam dunia akademik mahasiswa program Doktor, Magister dan Sarjana tahun 2020. Ucapan selamat berkarya dan sukses juga ditujukan kepada 218 wisudawan IAKN Manado.



Ucapan selamat dan sukses juga datang dari Drs. Zainut Tauhid Sa’adi (Wakil Menteri Agama RI) dan H. Anwar Abubakar, S. Ag. M.Pd (Kakanwil Kemenag Provinsi Sulawesi Utara) dan Dr. Jemmy JR. Lampus, M.Kes (Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sulawesi Utara) yang juga memberikan sambutan mewakili Gubernur Sulawesi Utara.

Acara ini juga dirangkaikan dengan penyambutan delapan Doktor baru IAKN Manado: Dr. Semuel Selanno, M.Th., Dr. Deflita R.N. Lumi, S.PAK., M.Pd., Dr. Agnes Relly Poluan, Dr. Olivia Cherly Wuwung, ST., M.Pd., Dr. Farno B.A. Gerung, M.Th., Dr. Anita Inggrith Tuela, M.Th., Dr. Meily Meiny Wagiu, M.Th., Dr. Wolter Weol, S.Th., M.Pd.

Video Wisuda 2020: https://www.youtube.com/watch?v=_AMblYxjvyE

Penulis: DOP
Editor: JJL
Fotografer: RKG
Sumber: MBC IAKN Manado

X