Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado kembali menggelar webinar Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) IAKN Manado tahun 2021, Rabu (17/02/21). Pada webinar kali ini yang menjadi Narasumber adalah Arbonas Hutabarat (Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara) dengan materi “Pemberdayaan Ekonomi Pedesaan di Masa Pandemi Covid-19”.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesempatan dan waktunya kepada bapak Arbonas Hutabarat (Kepala Perwakilan BI Sulut) yang sudah bersedia menjadi narasumber dalam Webinar ini.

Rektor menambahkan bahwa para mahasiswa KKNT IAKN Manado Tahun 2021 tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara. Selain itu, disampaikan Rektor webinar ini merupakan kali ketiga pembekalan dalam rangka mendorong mahasiswa KKNT untuk dapat menguasai berbagai bidang keilmuan termasuk didalamnya pemahaman terkait bagaimana mengembangkan ekonomi lokal. Mahasiswa tidak hanya dibatasi oleh bidang ilmu yang dikuasai ketika melewati beberapa semester tetapi juga dapat menguasai bidang ilmu lainnya.

Menurut Rektor, meski melalui webinar berharap ada manfaat besar yang akan diterima oleh mahasiswa kedepan ketika berinteraksi sosial bahkan menyikapi ladang pekerjaan yang akan ditekuni nantinya. Rektor juga berharap pemaparan materi dari Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara dapat membekali mahasiswa yang sudah melakukan KKNT bahkan mahasiswa lainnya yang mengikuti webinar ini.

Diakhir sambutannya, Rektor menyampaikan semoga kedepan hubungan kerjasama dengan Bank Indonesia terus terjalin dan akan ada tindak lanjut lainnya lagi kedepan dalam rangka merealisasikan Memorandum of Understanding (MoU) IAKN Manado dan Bank Indonesia Sulawesi Utara.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Utara, Arbonas Hutabarat dalam pemaparan materinya menyampaikan tentang Overview Pertumbuhan Ekonomi yang didalamnya terkait dampak pandemi covid-19, perekonomian Sulawesi Utara terkontraksi di tahun 2020. Selain itu, terkait pertumbuhan dan perkembangan PDRB Sulawesi Utara, indeks desa membangun di Sulawesi Utara diantaranya; indeks ketahanan nasional, ketahanan ekonomi dan ketahanan lingkungan.

Turut hadir dan mengikuti Webinar yakni Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Kepala -Kepala Pusat, Direktur dan Wakil Direktur Pascasarjana serta Dosen dan tenaga kependidikan IAKN Manado.

Penulis : DOP
Editor : DOP
Sumber Foto : JN
Sumber : MBC IAKN Manado

X