Perjuangan, berbagai langkah berani dan kerja keras terus ditunjukkan Rektor Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado dalam rangka akselerasi IAKN ke Universitas Kristen Negeri (UKN). Hal ini dibuktikan melalui kunjungan kerjanya di penghujung tahun 2020 dengan melakukan konsultasi dan koordinasi bersama Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Dirjen Bimas Kristen Kemenag Agama RI) di Kemenag Jl. Mh. Thamrin serta dengan Sekretaris Jenderal Kemenag RI (Sekjen Kemenag RI) dan Wakil Menteri Agama RI di Kemenag Lap. Banteng.

Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si dalam perbincangannya menyatakan dukungan penuh untuk upaya IAKN Manado bertransformasi menjadi UKN Minahasa. Dukungan ini menurutnya diberikan karena pihaknya menilai IAKN Manado telah melakukan banyak terobosan dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas kampus.

Rektor juga mendapatkan respon positif saat berbincang dengan Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag (Sekjen Kemenag RI) yang memberikan dukungan penuh kepada semua lembaga Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) termasuk IAKN Manado dalam upaya bertransformasi.

Rektor IAKN Manado yang juga Sekretaris Forum Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) juga berkesempatan hadir dipanggil Wakil Menteri Agama RI bersama Prof. Babun Suharto (Rektor IAIN Jember) yang juga Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dan Prof. Dr. Drs. Achmad Syahid, M.A (Ketua Implementing Kerjasama Luar Negeri dan Program Doktor Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta) dalam rangka transformasi Kelembagaan Perguruan Tinggi (PT).

Wakil Menteri Agama RI, Drs. KH. Zainud Tauhid Sa’adi, M.Si saat berbincang juga memberikan semangat dan dukungan penuh kepada IAKN Manado untuk bertransformasi menjadi UKN Minahasa. Dalam prosesnya menitip pesan kepada Rektor untuk segera memperkuat sistem yang ada didalam baik dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) maupun mutu dan kualitas pendidikan para Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Saat diwawancarai Media and Broadcasting Center (MBC) IAKN Manado, Rektor menyampaikan rasa bangga dan rasa syukurnya karena perjumpaan sukacita saat itu suasananya sangat cair, sangat nyaman, dan sangat mensupport transformasi ke UKN ketika berbincang bersama para petinggi Kemenag RI.

Penulis: DOP
Editor: DOP
Sumber: MBC IAKN Manado

X