Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Ditjen Bimas Kristen RI) menggelar Pengucapan Syukur dan Natal Tahun 2020, Tahun Baru 2021, Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-75, Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) Ditjen Bimas Kristen serta perkenalan dengan Menteri Agama bertempat di Aula H.M. Rasyidi, Jl. M.H. Thamrin No. 6 Jakarta Pusat, Rabu (06/01/21).

Agenda kegiatan diawali dengan laporan dari Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si (Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kemenag RI).

Selanjutnya, arahan dan sambutan dari H. Yaqut Cholil Qoumas (Menteri Agama RI). Dalam sambutannya, Menteri Agama menyampaikan bahwa adakalanya kita tidak bisa membedakan Agama itu sarana atau tujuan. Bagi sebagian orang yang menganggap Agama itu sebagai tujuan akan berakibat fanatisme berlebihan dan itu jatuh menjadi perilaku yang sangat mengerikan, bahkan bisa menjadi teroris dan sangat radikal serta sangat intoleran.

Menteri Agama menambahkan jadikanlah agama sebagai sarana kendaraan untuk mendapatkan keikhlasan Tuhan, untuk menerima kita semua nanti di hari akhir.

Menteri Agama pun menaruh harapan besar kepada semua yang hadir supaya pemahaman seperti ini bisa disampaikan kepada saudara-saudara yang lain sehingga kehidupan beragama kita akan jauh lebih baik, kita menjalankan ibadah kita sehari-hari lebih aman lebih nyaman dan tentu efeknya adalah Indonesia damai dan kita dapat menjalankan pembangunan dengan sebaik-baiknya.

Setelah Arahan dan pembinaan dari Menteri Agama acara dilanjutkan dengan ibadah perayaan Natal 2020 dan Syukur Tahun Baru 2021 serta Syukur HAB Kemenag RI ke-75.

Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th., M.Pd (Rektor Institut Agama Kristen Negeri Manado) yang ikut hadir memandu doa tutup dalam kegiatan tersebut.

Dalam agenda tersebut juga nampak pembinaan dan arahan dari Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI kepada seluruh jajaran ASN Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI, baik pusat dan daerah.

Turut hadir dalam kegiatan para Rektor/Ketua Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) yakni IAKN Tarutung, IAKN Manado, IAKN Ambon, IAKN Kupang, IAKN Toraja, IAKN Palangkaraya dan STAKPN Ambon. Selain itu, seluruh ASN Ditjen Bimas Kristen baik pusat maupun daerah juga mengambil bagian dan untuk daerah mengikutinya melalui aplikasi Meeting.

Saat diwawancarai oleh Media and Broadcasting Center (MBC) IAKN Manado, Rektor menyampaikan bahwa setelah kegiatan tersebut pada sore hari dilanjutkan dengan rapat di ruang Dirjen khusus para Rektor/Ketua, Direktur, Sekretaris Ditjen dan Kasubdit Pendidikan Tinggi tentang evaluasi program di tahun 2020 dan rencana untuk tahun 2021.

Penulis: DOP
Editor: DOP
Sumber Foto: JMT, DL & Humas Kemenag RI
Sumber: MBC IAKN Manado

X