Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Manado sebagai satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) di Sulawesi Utara di bawah Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kementerian Agama Republik Indonesia (Ditjen Bimas Kristen Kemenag RI) berhasil menggelar Promosi Doktor untuk pertama kalinya yang berlangsung selama 2 hari mulai dari 07 Desember 2020 sampai 08 Desember 2020 di Aula IAKN Manado.

Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Kristen (PAK) S3 sudah menunjukkan eksistensinya semenjak berdiri di tahun 2016 dari Sekolah Tinggi Agama Kristen Negeri (STAKN) kemudian bertransformasi menjadi IAKN Manado.

Dirjen Bimas Kristen Kemenag RI, Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si yang juga Dosen Penguji tamu memberikan apresiasi kepada IAKN Manado karena sukses dan berhasil menggelar ujian terbuka Promosi Doktor untuk pertama kalinya serta mengucapkan banyak selamat untuk para mahasiswa yang sudah meraih gelar Doktor.

Rektor IAKN Manado, Dr. Jeane Marie Tulung, S.Th juga mengucapkan banyak selamat kepada para mahasiswa yang sudah menyandang gelar Doktor. Selain itu, Rektor juga menyampaikan rasa syukur dan bangganya boleh menyaksikan sejarah baru terukir untuk pertama kalinya IAKN Manado menggelar ujian Promosi Doktor di masa kepemimpinannya.

“Selaku Rektor menyatakan rasa bangga bahkan sungguh bersyukur atas capaian ini”, ucap Rektor berparas cantik ini.

Dengan adanya Promosi Doktor pertama IAKN Manado, Rektor menaruh harapan besar kepada para penyandang gelar Doktor kedepan sukses dan berhasil serta dapat berkontribusi aktif dalam dunia Pendidikan Agama Kristen.

Rektor juga berharap kepada mahasiswa Pascasarjana Prodi S3 PAK yang sementara berjuang untuk tetap semangat menempuh perkuliahan dan kiranya dapat terpacu untuk segera menyelesaikan tahapan demi tahapan ujian sampai pada Promosi Doktor nantinya.

Diketahui keempat mahasiswa yang menyandang gelar doktor mengangkat judul disertasi tentang ;

1. Dr. Olivia Cherly Wuwung, ST., M.Pd
“Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti dengan Pendekatan Blended Learning pada SMTK di Kabupaten Minahasa”

2. Dr. Arthur B. A. Gerung, M.Th
“Dinamika Relasi Antar Kristen dan Islam di Minahasa (Studi Fenomena Konflik Pendirian Masjid di Perumahan Agape Tumaluntung dan Implikasinya bagi Pendidikan Antar Iman)

3. Dr. Anita Inggrith Tuela, M.Th
“Reinterpretasi Kisah Lea dan Rahel serta Sumbangsihnya bagi Pendidikan Kristiani Transformatif dalam Budaya Patriarki di Jemaat GMIM Efrata Kaneyan Kabupaten Minahasa Selatan”

4. Dr. Meily Meiny Wagiu, M.Th
“Perkembangan Misi Penginjilan dan Pendidikan Kristen GMIM di Minahasa”

Para Doktor baru ini telah berhasil mempertanggungjawabkan Disertasi-nya di depan dewan penguji dengan di awali pertanyaan dari tiap-tiap Dosen Penguji tamu, yakni ;

1. Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si (Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Kristen Kemenag RI)

2. Prof. Dr. Drs. Achmad Syahid, M.A (Ketua Implementing Kerjasama Luar Negeri dan Program Doktor Ditjen Bimas Kristen Kementerian Agama RI dan Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

3. Prof. Dr. Jhon Titaley, Th.D (Rektor UKSW Salatiga 2001-2005 dan 2009-2013, Guru Besar UKIM Ambon)

4. Prof. Dr. Lince Sihombing, M.Pd (Rektor Institut Agama Kristen Negeri Tarutung)

Penulis : DOP
Editor : DOP
Fotografer : RG, MM & DOP
Sumber Berita : MBC IAKN Manado

X